Latar Belakang pembuatan Situs Web nagari Sumaniak -->

Advertisement

Latar Belakang pembuatan Situs Web nagari Sumaniak

Barito Nagari
Jumat, 23 Oktober 2015

Pembuatan situs web nagari Sumaniak ini dimulai dari percakapan chatting Fitra Yadi dengan Dusriadi mengenai situs web nagari Sungai Patai kecamatan Sungayang kabupaten Tanah Datar pada pertengahan Oktober 2015.

Fitra Yadi (perantau Sumaniak Sarilamak) pernah menjadi admin situs web sumaniak.com sejak tahun 2007 sampai tahun 2010. Sudah 5 tahun sumaniak.com itu out off date, tidak ada warga yang berminat untuk memperpanjang sewa hostingnya. Terakhir eksis adalah pada tahun 2010, ketika itu memakai CMS Joomla atas sumbangan Ir. Setiawan Gaus (perantau Sumanik Padang).

Dusriadi (pemilik Alya-Net depan SD komplek Sumaniak) mengungkapkan kekagumannya dengan warga nagari Sungai Patai yang mampu mengurus halaman situs web. Tentunya warga Sungai Patai yang bertebaran merantau di berbagai pelosok negeri senang dan bangga bisa mengakses informasi terkini mengenai kampung halaman melalui situs web itu, tentunya warga Sumaniak juga seperti demikian, disayangkan rasanya bila Sumaniak tidak memiliki situs web.

Setelah berdiskusi dengan teman-teman maka seminggu kemudian (Senin, 19 Oktober 2015) kita mulai membuat situs nagari Sumaniak memakai hosting google dengan CMS blogspot persis seperti situs web nagari Sungai Patai yang beralamat: http://nagarisungaipatai.blogspot.co.id/

Kita berkeinginan situs web ini bisa diisi bersama oleh warga Sumaniak dimanapun berada baik di kampung halaman maupun yang berada di rantau. Kedepan kita berencana akan membeli parking blogspot dengan domain www.sumaniak.com tampa pindah hosting. (Fitra Yadi)