SMPN 2 Matur Menjadi Barometer Implementasi Kurikulum Merdeka. -->

Advertisement

SMPN 2 Matur Menjadi Barometer Implementasi Kurikulum Merdeka.

Mata Jurnalist
Senin, 18 Desember 2023


Agam Baritonagari.com_ SMPN 2 Matur Kabupaten Agam akan mengubah konsep mutu pendidikan sesuai dengan Kurikulum Merdeka, diimplementasikan dengan Profil Pelajar Pancasila, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Pelajar Pancasila mencerminkan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat dengan kompetensi global dan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Memiliki enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Pada serah terima jabatan yang disaksikan oleh Kabid Pembinaan SMP Kabupaten Agam, Alfiandri.M.Pd, dari Kepala SMPN 2 Matur yang lama, Linda Purwanti.S.Pd, kepada Rina M.Pd, Rina.M.Pd menyampaikan, "Program kita ke depan fokus pada peningkatan kualitas di bidang Agama dan bidang studi lainnya. Tujuannya adalah agar generasi kita menjadi lebih baik lagi dan menjadi generasi yang baik di mata Tuhan."

"Tentunya, kita akan beradaptasi di lingkungan baru dan menjalin silaturahmi dengan forkopimca, Wali Nagari, Jorong, Komite, Masyarakat, dan Alumni SMPN 2 Matur. Ini bertujuan agar program pendidikan di Kecamatan Matur berjalan lancar dan baik," tambahnya.

Kabid Pembinaan SMP Kabupaten Agam, Alfiandri.M.Pd, menekankan, "Kami sangat bangga melantik Kepala Sekolah dari guru Penggerak sesuai standar Menristek RI. Ini merupakan implementasi Kurikulum Merdeka bagi kepala sekolah yang berasal dari guru penggerak."

"Kabupaten Agam baru pertama kali mengangkat kepala sekolah dari guru penggerak, yaitu di SMPN 2 Matur dan SMPN Sungai Puar. Kami berharap kedua sekolah ini bisa menjadi barometer pilot project untuk implementasi Kurikulum Merdeka Belajar," jelasnya.

Alfiandri juga berharap kepada kepala sekolah yang baru untuk menjalin kerjasama, terutama dengan orang tua siswa. "Kapan pun perlu, lakukan kunjungan ke rumah sebagai langkah awal untuk mendekatkan diri dengan masyarakat," tutupnya.

Ditambahkan oleh Akmal Hamid, Wali Nagari Matua Mudiak, "Selamat datang kepada Kepala Sekolah yang baru. Kami berharap agar kerjasama yang baik terus terjalin untuk memajukan pendidikan di Nagari Matur."

Kegiatan serah terima jabatan SMPN 2 Matur dihadiri oleh Camat Matur, Ketua Alumni SMPN 02 Matur, Komite, Ketua MKKS, Polsek Matur, serta Kepala Sekolah dan Guru SMPN 1 Banuhampu.***

Pewarta : sutan mudo