Data Sementara Banjir dan Longsor di Kabupaten Limapuluh Kota -->

Advertisement

Data Sementara Banjir dan Longsor di Kabupaten Limapuluh Kota

Mata Jurnalist
Senin, 18 Desember 2023

Harau, BaritoNagari.Com- Tingginya intensitas hujan sejak pukul 23.00 wib Tanggal 17 Desember 2023 sampai dengan 18 Desember 2023 pukul 10.00 Wib mengakibatkan luapan sungai di Kabupaten Lima Puluh Kota. Demikian kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Rahmadinol, S.Pd dalam rilis yang beredar dari group-group whatsapp Pemda Limapuluh Kota pada Senin (18/12/2023).

Sebagaimana dilansir dari liputan6.com sebelumnya telah diberitakan "bencana banjir melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat Senin (18/12/2023).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Rahmadinol mengatakan tingginnya curah hujan pada Minggu 17 Desember hingga Senin pagi (18/12/2023) menyebabkan meluapnya Sungai Batang Harau.

Banjir terjadi di Nagari Tarantang, Nagari Harau, Nagari Sarilamak, dan Nagari Solok Bio-Bio Kecamatan Harau. Untuk Nagari Tarantang, lanjut Rahmadinol jumlah warga yang terdampak yakni 512 rumah dengan 2.081 jiwa. Sementara di wilayah lainnya, masih dalam pendataan.

"Juga terdapat warga yang dievakuasi karena terjebak banjir, namun saat ini masih didata," ujarnya, Senin (18/12/2023).

Selain itu, banjir juga melanda wilayah lain di Kabupaten Limapuluh kota yakni, di Kecamatan Koto Baru tepatnya di Nagari Gunuang Malintang Jorong Lubuak Omeh terdapat tiga titik banjir.

Lalu di Nagari Pangkalan di Jorong Banjaronah jalanan terendam banjir. Selanjutnya, Kecamatan Gunuang Omeh terjadi banjir di Nagari Koto Tinggi dan Nagari Pandam Gadang.

"Banjir juga melanda Kecamatan Mungka di Nagari Simpang Kapuk," katanya.

Tak hanya banjir, longsor juga melanda Limapuluh Kota di ruas jalan Tungka-Situmbuak Nagari Tungkar Kecamatan Situjuah Limo Nagari. Lalu longsor juga terjadi di ruas jalan Nagari Ladang Laweh.

Tim gabungan sudah turun ke lapangan untuk membantu warga. Menurut Rahmadinol, masyarakat terdampak saat ini membutuhkan makanan.

Selanjutnya dalam rilis itu disebutkan data ba
njir di kabupaten Limapuluh Kota:

  1. Banjir Pangkalan Koto Baru; Nagari Gunuang Malintang Jorong Lubuak Omeh di 3 Titik Nagari Pangkalan Jor. Banjaronah Jalan terendam banjir. Banjir menutup jalan Pangkalan - Kapur IX di Jor. Lubuak Ameh.
  2. Kecamatan Harau; a) Nagari Tarantang. b) Nagari Harau jorong Aia Putiah Longsor Menutup Badan Jalan Nasional Sumbar-Riau. c) Nagari Sarilamak. d) Nagari Solok Bio-Bio.
  3. Kecamatan Gunuang Omeh; a) Nagari Koto Tinggi, Jor. Palangkitangan. b) Nagari Pandam Gadang Jorong Koto Panjang.
  4. Kecamatan Mungka; Nagari Simpang Kapuak.

Longsor Di Kabupaten Lima Puluh Kota:

  1. Longsor ruas jalan Tungka-Situmbuak Nagari Tungkar Kecamatan Situjuah Limo Nagari.
  2. Longsor Ruas Jalan Nagari Ladang Laweh

Kondisi terkini:

  1. Tim Sar Terdiri dari : BPBD, Kodim 03/06 50 Kota, Polres 50 Kota, BASARNAS (POS SAR 50 Kota), Dinas Damkar, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dan Relawan sudah di Lapangan melakukan Evakuasi Korban Bnajir dan pembersihan Material Longsor.
  2. Sedang Pendataan Oleh TRC

Demikian disampaikan KALAKSA BPBD Kabupaten Limapuluh Kota Rahmadinol, S.Pd. sebagaimana dikutip dari rilis yang beredar di WAG Pemda Limapuluh Kota.

Pewarta: F. Malin Parmato