AIRNYA SUDAH MELIMPAH - "TANG AYO" RAMAI PENGUNJUNG -->

Advertisement

AIRNYA SUDAH MELIMPAH - "TANG AYO" RAMAI PENGUNJUNG

Barito Nagari
Rabu, 09 Desember 2015

Rabu, 27 Safar 1437 H / 9 Desember 2015 M
Dilaporkan oleh: Fitra Yadi

Setelah beberapa bulan kering akibat musim kemarau, sekarang air kolam renang Tang Ayo melimpah lagi. Dikunjungi media pada Ahad (6/12) yang lalu kolam ini ramai pengunjung dari anak-anak sampai remaja, laki-laki dan perempuan sampai magrib tiba.

Kolam ini dialiri mata air yang terbit dari dasar kolam dengan kedalaman lebih dari 2 m, diperkirakan umurnya sudah 3 generasi. Tang Ayo disebut juga dengan Batang Rayo atau Batang Barayo, tetapi yang lebih dikenal adalah dengan sebutan Tang Ayo. Kolam ini terletak di sebelah Mushalla Perguruan Tunas Harapan. Bila anda dari Pasar Sumaniak, maka berjalanlan arah ke Situmbuak kemudian menyimpanglah jalan arah ke kanan dan terus ke Simpang Pos Ronda di Congkong. Dari Simpang Congkong teruskan berjalan arah ke bawah, sampai di persimpangan berbeloklah ke kiri, di sana anda akan menemukan kolam renang itu. Kalam dilihat pada posisinya, kolam ini terletak di bagian kepala nagari Sumaniak (dekat Kapalo Koto) hampir ke perbatasan nagari Situmbuak.

Kolam renang alami dengan debit air yang melimpah ini sangat disenangi anak-anak dan menjadi tempat pemandian favorit selain Bulakan Sungai Tarab.