KHASNYA SAMBOA BOLUK SUMANIAK

Barito Nagari
By -
0
Jum'at, 30 Safar 1437 H / 11 Desember 2015 M
Dilaporkan oleh: Fitra Yadi

Samboa Boluk (Rendang Belut) dari Sumaniak memang beda dari Rendang Belut daerah lainnya. Memang tiap-tiap nagari memiliki ke khasan masing-masing. Dari segi cara memasak ada rendang belut yang dibikin dari belut kering, pertama belutnya digoreng dulu kemudian dicampur dengan bumbu rendang. Ada pula yang membuatnya dari belut basah, juga dengan menggorengnya setengah matang kemudian dicampur dengan santan bumbu rendang.

Kalau Samboa Boluk Sumaniak dibuat dengan komposisi Belut Basah, kemudian bumbu rendang seperti Santan, cabe rawit, kunyit, jahe, lengkuwas, daun kunyit, ketumbar, garam, bawang merah, bawang putih, Limau Sundai, Cara memasaknya; setelah belut dibersihkan kemudian dibakar dulu menggunakan api tempurung. Biasanya di Sumaniak belut itu direnteng dengan tali yang disebut dengan Jorek. Jadi belut itu dibakar diatas api tempurung berikut disangai dengan perantaraan joreknya.

Setelah belut matang dibakar, kemudian dipotong-potong pendek sesuai kebutuhan. Setelah itu diasami dengan Limau Sundai dan dicampur sedikit bumbu rendang yang sudah diaduk. Kemudian panaskan santan dan dicampurkan semua bumbu rendang. Jangan lupa, kacau terus supaya buih santannya tidak hangus yang bikin Samboa Angik. Disini Belut belum dimasukkan ke santan, takutnya kalau cepat dimasukkan belut akan hancur. Sekarang santannya bisa juga ditambah dengan Kacang Duduak, Kacang Paga, atau ubi batang dipotong petak dadu.

Setelah santan berminyak barulah belut tadi dicampurkan dengan santan berminyak, kemudian dikacau terus sampai menghitam. Dan jadilah Rondang Boluk.

Pada waktu normalnya seperti hari Minggu (6/12) yang lalu harga belut Sajorek adalah Rp. 70.000. Kadang-kadang menjelang Idul Fitri harga belut bisa melonjak naik sampai Rp. 130.000 per Jorek.

Dengan harga belut normal, setalah jadi rendang sepotong pendek belut itu modalnya adalah Rp. 1.000. Jadi bila makan di kedai nasi, sepotong pendek belut bisa dihargai Rp. 2.000. Sekali hidang dalam piring itu ada terdapat 10 potong belut, jadi harga satu piringnya adalah Rp. 20.000 ditambah harga nasi plus PPN 10% he he he he he.

Bila ada yang ingin memesan Samboa Boluk, bisa menghubungi Zulfa Yetri KOKOCI, selengkapnya silahkan baca di websitenya klik disini. Selamat menikmati........... xi xi xi xi xi :-)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)