RAMADHAN INI HIRMAS ADAKAN BERBAGAI MUSABAQAH -->

Advertisement

RAMADHAN INI HIRMAS ADAKAN BERBAGAI MUSABAQAH

Barito Nagari
Minggu, 12 Juni 2016

Ahad, 12 Juni 2016 M - 7 Ramadhan 1437 H
Dilaporkan oleh: Fitra Yadi

Sumanik - Dalam rangka mensyiarkan bulan suci Ramadhan 1437 H / 2016 M ini, HIRMAS (Himpunan Remaja Masjid) Jamik Sumanik dibantu pengurus masjid membentuk panitia "MUTIARA RAMADHAN" yang bertugas mengangkat berbagai acara perlombaan. Diantara acara yang diangkat adalah:

  •  Lomba Cerdas Cermat tingkat Remaja Masjid (umur masimal 19 tahun) dengan skop sekabupaten Tanah Datar yang digelar pada Sabtu - Minggu, 11 - 12 Juni 2016 (sedang berlangsung).
  • Lomba MSQ (Musabaqah Syarhil Qur'an) tingkat remaja ( umur maksimal 19 tahun) tingkat kabupaten Tanah Datar yang akan digelar pada Sabtu, 18 Juni 2016 mendatang.
  • Lomba MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur'an) tingkat anak-anak yang diikuti oleh 3 kecamatan (Salimpaung, Sungai Tarab, dan Sungayang) yang akan digelar pada Kamis, 22 Juni 2016.

Ketua HIRMAS Yamsasni Surya Erita kepada media mengatakan bahwa acara yang bertema "Dengan Mutiara Ramadhan marilah kita tingkatkan semangat keagamaan untuk menciptakan generasi muda yang berkarakter" ini bertujuan untuk:

  • Memeriahkan bulan suci Ramadhan 1437 H / 3016 M.
  • Meningkatkan kreatifitas dan kompetensi generasi muda Sumanik pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
  • Meningkatkan ukhuwah dan silaturrahim masyarakat Sumanik.

Kepala Jorong Koto Piliang Rina Rahmatilla juga menegaskan bahwa dengan terselenggaranya acara ini diharapkan mampu untuk membina ukhuwah Islamiyah diantara generasi muda Sumanik dan dengan pemuda-pemuda lainnya dan untuk meningkatkan kreatifitas serta kompetisi generasi muda Sumanik dan masyarakat pada umumnya.

Pembina HIRMAS Jon Hendra, SM mengaku bahwa acara ini dibiayai dari dana proposal yang disampaikan kepada para donatur Ikatan Keluarga Sumanik (IKS) Jakarta, Pekanbaru, Padang dan Batusangkar. Selain itu, dana juga diperoleh dari sumbangan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di nagari Sumanik, kotak celengan sumbangan di Masjid dan lain-lain.

Ketua Panitia Mutiara Ramadhan Muhammad Nazif mengatakan bahwa rangkaian acara perlombaan ini memakan biaya sejumlah Rp. 13.340.000 (Tiga belas juta tiga ratus empat puluh ribu rupiah). Diantaranya akan dipergunakan untuk hadiah para pemenang berupa tropi, medali dan Tabanas sejumlah Rp. 400.000 untuk juara 1, Rp. 300.000 untuk juara 2, dab Rp. 200.000 untuk juara 3 | Barito Sumaniak