MUSYAWARAH REFLEKSI KEGIATAN POSDAYA SUMANIK SEHAT -->

Advertisement

MUSYAWARAH REFLEKSI KEGIATAN POSDAYA SUMANIK SEHAT

Barito Nagari
Selasa, 19 Januari 2016

Selasa, 19 Januari 2016 M - 9 Rabiul Akhir 1437 H
Dilaporkan oleh: Fitra Yadi

Untuk meningkatkan hasil kedepan, beberapa perwakilan Ikatan Keluarga Sumaniak (IKS) Nusantara menggelar Musyawarah bersama untuk merefleksi dan mengevaluasi kinerja Pos Daya Sumanik Sehat pada malam petang Sabtu (16/1/2016) lalu di ruangan Aula SDN 07 Sumanik.

Hadir malam itu perwakilan dari pengurus IKS Batusangkar yang diketuai oleh Zulhendri, IKS Padang yang diketuai Drs. Risman Jondedwi, M.M, IKS Pekanbaru yang diketuai dr. Afdhal, dan pengurus IKS Jakarta Raya yang diketuai oleh Imbra Chan yang dipandu oleh ibu Lisda. Selain itu juga hadir segenap lembaga unsur nagari Sumaniak seperti bundo kanduang, LPM, PJ wali nagari, kepala-kepala jorong, pengurus KAN, MUNA dan pemuda. Juga hadir tokoh-tokoh masyarakat seperti Ir. Setiawan Gaus, Sutan Mulyadi, Edrianus dan lain-lain. Pada kesempatan itu juga hadir mantan wali nagari Sumaniak Mulyazen, yang teristimewa adalah pada malam itu juga hadir Dr. Ir. Eri Gas Ekaputra, MS penasehat Posdaya Sumanik Sehat bersama Prof. Dr. Ir. H. Bujang Rusman,MS yang sehari-hari bermuqim di Padang sebagai dosen di Universitas Andalas.

Dalam pemaparannya Dr. Ir. Eri Gas Ekaputra, MS menerangkan bahwa dengan segala plus minusnya, sampai sekarang Posdaya Sumanik Sehat sudah masuk 3 tahun berjalan yang di SK-kan oleh wali nagari Sumaniak pada tanggal 19 September 2013.

Selama 2 tahun lebih ini kegiatan yang telah dilakukan diantaranya adalah 1). Pendataan dan survei lansia di nagari Sumaniak dengan jumlah Lansia perioritas sebanyak 50 orang dan lansia produktif yang baru terdata sebanyak 150 orang. 2). Kemudian juga ada kegiatan Home Visit terhadap Lansia. Dimana perawat pelaksana Posdaya melakukan kunjungan ke rumah-rumah lansia secara periodik untuk memantau kesehatan lansia dan mendokumentasikannya dalam bentuk rekam medis. Dalam menangani kesehatan lansia, perawat pelaksana bisa berkoordinasi dengan Dokter Puskesmas. 3). Pemeriksaan kesehatan lansia berkoordinasi dengan Pustu dan ditindaklanjuti ke Puskesmas Salimpaung. 4). Pemantauan secara berkala kesehatan lansia. 5). Pemeriksaan tekanan darah sebelum senam pagi. 6). Taushiyah sebelum senam pagi. 7). Senam lansia setiap hari minggu pagi. 8). Terapi setiap hari Rabu di kantor Posdaya Sumanik Sehat khusus  untuk rematik, disana juga diperiksa gula darah, kolisterol dan asam urat.

Metoda kegiatan yang telah dilakukan adalah 1). Pencatatan dan pelaporan kemajuan kesehatan lansia. 2). Pemeriksaan fisik 3). Health Education / penyuluhan. 4). Tanya jawab. 5) Dan pendekatan persuasif.