PEMANDANGAN MIRIS SAAT MENGUNJUNGI LANSIA -->

Advertisement

PEMANDANGAN MIRIS SAAT MENGUNJUNGI LANSIA

Barito Nagari
Selasa, 19 Januari 2016

Selasa, 19 Januari 2016 M - 9 Rabiul Akhir 1437 H
Dilaporkan oleh: Fitra Yadi

Diantara rombongan sempat meneteskan air mata ketika melihat pemandangan miris saat mengunjungi lansia yang tersebar di beberapa jorong di nagari Sumaniak pada sore Sabtu (16/1/2016). Sebelumnya mereka hanya melihat rekaman video saja yang dibuat oleh pengurus IKS Jaya, saat itu mereka terisak sedih melihat kondisi sebagiannya yang tergolek lemah di atas pembaringan.

Erigas Eka Putra Pembina Yayasan Posdaya Sumanik sehat kepada media mengatakan bahwa "Posdaya ini telah berusia 3 tahun yang sampai sekarang diasuh oleh 2 orang perawat yaitu Syukri Ilhamda (26 th) dan Rahmat Ilahi (25 th). Jumlah lansia prioritas adalah sebanyak 50 orang dan lansia produktif yang baru terdata adalah sebanyak 150 orang".

Syukri Ilhamda mengatakan "Ia sudah 3 tahun bertugas sebagai perawat Lansia di Sumaniak ini, yaitu sejak awal berdirinya Posdaya Sumanik Sehat sampai sekarang. Banyak suka duka yang telah dialami, diantaranya adalah saat menghadapi tipikal keluarga lansia yang berbeda-beda. Kadang ada yang cuek, kadang ada pula yang hanya berkedik pinggang melihat kedatangan kami dan banyak pula yang respek kepada kami. Ada pula diantaranya yang senang menanti kunjungan kami, mereka senang didengarkan cerita-ceritanya, kami dengarkan keluhan mereka, kesedihan dan kegembiraan mereka". Perawat lainnya Rahmat Ilahi membenarkan cerita tersebut.

"Banyak pelayanan yang seharusnya diberikan kepada mereka, namun karena keterbatasan seperti inilah usaha yang baru bisa dilakukan. Kedepan kita mengharapkan ada tambahan dana untuk pengadaan perlengkapan medis, obat-obatan, BPJS, dan kita sangat mengharapkan uluran tangan dari para dermawan untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk tambahan honor para perawat lansia ini" harap Erigas Eka Putra.