Belasan Tim Bersaing di Open Turnamen ML BB Bintang Ummat di Sarilamak, Finalnya Minggu Malam -->

Advertisement

Belasan Tim Bersaing di Open Turnamen ML BB Bintang Ummat di Sarilamak, Finalnya Minggu Malam

Mata Jurnalist
Minggu, 17 Desember 2023

Sarilamak, Baritonagari.com_ Puluhan orang anak muda dari berbagai nagari di Payakumbuh - Limapuluh Kota berkumpul dengan penuh semangat bersiap-siap ikut perlombaan gaming di smartphone masing-masing pada Sabtu malam (16/12/2023) bertempat di Cafe Sasayang (dekat Gerbang Harau) nagari Sarilamak kecamatan Harau kabupaten Limapuluh Kota.

Mereka bersiap berjuang menjadi yang terbaik dalam Open Turnamen Mobile Legend Bang Bang Bintang Ummat yang disponsori oleh Novi Azman, S.T,.MT.,PHD Caleg DPR RI, Seprianto Chaniago, SH Caleg DPRD Provinsi Sumatera Barat dapil 5, Lisa Hariyanti, S.T beserta Fuadi Afkar Caleg DPRD Limapuluh Kota Dapil 1, dan Purn. AKBP. H. Emrizal Hanas.SH dari Dapil 4 Limapuluh Kota.

Novi Azman tidak nampak hadir pada acara itu, sedangkan Sepriyanto Chaniago beserta yang lainnya hadir secara langsung di tengah-tengah peserta Open Turnamen dan bercengkrama begitu antusias dalam suanana penuh keakraban usai atlet-atlet e-sport itu berlaga. Sebanyak 16 tim bertanding dalam turnamen Mobile Legend malam itu, dan akan dilanjutkan ke final pada Ahad malam berikutnya (17/12/2023).

"Ini acara bagus, para peserta nampak sangat senang mengikutinya. Pak Novi Azman memang sangat mengerti, beliau kan seorang akademisi Doktor dalam bidang Elektro Informatika, Lektor Kepala di Universitas Nasional Jakarta. Jadi generasi Z ini harus dikembangkan potensinya secara terarah" ucap Youse salah seorang penyelenggara turnamen.

Youse mengatakan, "e-sport di kalangan anak muda memang sedang digandrungi. Namun, ruang bagi mereka mengembangkan bakat dan minat di dunia olahraga itu masih sangat terbatas. Inilah salah satu cara bagi kita untuk mengarahkan mereka kepada gaming yang postif."

"Makanya kami mengapresiasi langkah bapak-bapak kita teresbut yang mensponsori membuat turnamen ini. Ini sangat penting bagi penggemar game untuk saling berkompetisi dan meningkatkan kualitasnya di bidang e-sport ini," jelasnya.

Sementara itu Seprianto Chaniago mengatakan "kita membuat turnamen Mobile Legend Bang Bang Bintang Ummat ini untuk menampung dan mewadahi bakat serta minat anak muda. Ia membenarkan, jika e-sport adalah salah satu cabang olahraga sangat diminati, sehingga kita harus memfasilitasinya."

"Banyak anak muda kreatif yang membutuhkan ruang lebih banyak untuk berekspresi. Hari ini, kita berikan ruang bagi pecinta e-sport agar bisa berkompetisi dan saling menunjukkan kualitas terbaiknya, yang penting harus menjaga sportivitas," ucapnya. 

Salah seorang peserta turnamen, Rozi (Bg Jack Sumbar) mengapresiasi Open Turnamen Mobile Legend Bang Bang Bintang Ummat ini, kepada Media ini ia mengatakan "Sebenarnya banyak pencandu-pencandu gaming yang harus kita edukasi, melalui turnamen ini, seharusnya mereka bisa gabung dan mengikutinya lalu kita edukasi disitu tentang perbaikan karakter, adab, menjauhi bulliying, menjauhi narkoba, rajin belajar dan sebagainya."

"Bukan gaming positif saja yang menjadi perhatian kita ya, namun nilai-nilai edukasi harus kita masukkan kepada mereka. Pada umumnya anak-anak penyuka smartphone ini kan orang-orang yang suka menyendiri, nah dengan turnamen ini kita ciptakan mereka supaya bisa bersosialisasi dengan orang lain, untuk nambah kawan, nambah kenalan."

"Kalau gaming positif itu pastilah ya, namun biasanya efek negatif dari peserta yang ikut turnamen seperti ini, mereka menjadi kecanduang gaming, itu dia negatifnya". Demikian kata Bg Jack Sumbar yang pernah juga menjadi penyelenggara turnamen seperti ini panjang lebar.

Pewarta: F. Malin Parmato