IKM DPD INHU dan LAMR Bantu Korban Erupsi Gunung Marapi di Nagari Batu Palano. -->

Advertisement

IKM DPD INHU dan LAMR Bantu Korban Erupsi Gunung Marapi di Nagari Batu Palano.

Mata Jurnalist
Minggu, 17 Desember 2023

Agam Baritonagari.com_Ikatan Keluarga Minang (IKM) DPD INHU bersama Lembaga Adat Melayu (LAMR) Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Inhu Provinsi Riau, memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak erupsi Gunung Marapi di Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Puar, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) pada Sabtu (16/12/2023).

Bencana letusan Gunung Marapi pada tanggal 03-12 lalu melanda Kecamatan Sungai Puar, terutama Nagari Batu Palano, dan mendapat respons kemanusiaan dari IKM DPD INHU dan LAMR Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Inhu, Provinsi Riau.

Ketua IKM, Yusma Joni, menyatakan bahwa bantuan yang diserahkan oleh mereka, yang beranggotakan 7 orang termasuk Bendara Riki Saputra, adalah bentuk kepedulian terhadap warga yang terdampak letusan Gunung Marapi, yang menyebabkan korban jiwa sebanyak 23 orang dari berbagai daerah.

“Tangis korban juga tangis kami. Oleh karena itu, kami dari IKM dan LAMR mengumpulkan donasi untuk diserahkan secara langsung hari ini. Semoga bantuan ini, meski tidak dilihat dari nilainya, dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan,” kata Yusma Joni.

IKM DPD INHU, yang berdiri sejak 4 bulan lalu dan telah memiliki 400 anggota, mendapat apresiasi atas sambutan yang antusias dari keluarga besar Batu Palano. 

Menurut Yusma Joni, IKM telah terdaftar dan memiliki perizinan resmi, difasilitasi oleh Lembaga Adat Melayu, dan akan diresmikan pada awal Januari.

Sementara itu, H. Agustiar Ahalik. SP, Ketua Umum LAMR Lembaga Adat Melayu Riau Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Inhu, turut menghimbau Perantau Minang di Riau untuk memberikan bantuan sebagai wujud kepedulian terhadap korban erupsi Marapi di Ranah Minang.

Pada kesemoatan itu, Walinagari Batu Palano, Darizal, mengucapkan terima kasih kepada IKM, Provinsi Riau, dan semua pihak yang peduli terhadap masyarakat Nagari Batu Palano yang terdampak bencana erupsi Gunung Marapi.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak IKM dan LAM yang sudah memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak erupsi Gunung Marapi. Ini adalah lembaga pertama yang peduli terhadap masyarakat kami," ucap Walinagari Darizal.

Penyerahan bantuan disaksikan oleh beberapa tokoh adat, mantan Walinagari, relawan, Babinsa, Niniak Mamak, tim relawan, dan masyarakat.***

Pewarta : Sutan Mudo.