Di Ulang Tahun ke-90, "Zetka Harmyn," Luncurkan Buku Biografi, Jejak Langkah Anak Desa Menjelajah 5 Benua. -->

Advertisement

Di Ulang Tahun ke-90, "Zetka Harmyn," Luncurkan Buku Biografi, Jejak Langkah Anak Desa Menjelajah 5 Benua.

Mata Jurnalist
Minggu, 17 Desember 2023

Bukittinggi, Baritonagari.com_ Dihari ulang tahun yang ke-90 tahun Zetka Harmyn, Luncurkan Buku Biografi “Jejak Langkah Anak Desa Menjelajah 5 Benua”

Seorang anak desa yang dilahirkan di zaman penjajahan Belanda dan Jepang, hidup dengan kesulitan dan kesusahan
sejak kecil tetap ingin sekolah, mulai dari SR kemudian Pesantren dikampung dan SMP di Bukittinggi.

Kemudian melanjutkan sekolah ke tingkat SMA, setamat SMA Kerja ke bank asing bernama “Hongkong Bank and Shanghai Banking Corporation" di Jakarta.

Pada saat bersamaan Ia mendapat bea siswa untuk pendidikan keluar negeri. Bank menugaskan ke London – Inggris, sementara Kementerian Dikbud ada peluang untuk Sekolah Ke Swiss tentang Perhotelan dan Pariwisata. 

Pada akhirnya memutuskan untuk mengikuti pendidikan ke Swiss bersama 3 orang lain dari Indonesia. Merekalah orang Indonesia pertama yang mendapatkan pendidikan tentang Perhotelan dan Kepariwisataan ke luar negeri.

Setelah pulang ditugaskan sebagai manejer dari hotel ke hotel besar di Indonesia. Ia juga mengikuti pendidikan dan pelatihan di Amerika, Australia, Asia , Afrika dan negara Eropah lainnya.

Kesuksesan itulah yang menyebabkan dekat dengan Presiden Soekarno, Suharto dan para Menteri serta pengusaha Top di zaman nya.

Setelah pensiun, pulang kampung dan membeli beberapa Aset yang dibangun. Seperti Villa di Gadut, Gedung Yayasan di Belakang Balok, Rumah di Sawah Dangka Gadut yang dilengkapi dengan Mushalla, Galery dan tempat pendidikan buat anak-anak TK , Yayasan dimagek dengan SD Islamnya dan banyak kegiatan lain untuk kemasyarakatan.

Itulah sekelumit isi buku biografi Zetka Harmyn yang berjudul “Jejak Langkah Anak Desa Menjelajah 5 Benua”.
Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, H. Rafdinal, S.H

Pada kesempatan peluncuran buku biografi Zetka Harmyn yang berlangsung di gedung Tri Arga Bukittinggi, Sabtu (16/12/2023) itu, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Rafdinal menyampaikan apresiasi yang luar biasa bahwa buku “Jejak Langkah Anak Desa Menjelajah 5 Benua”. tersebut tentulah sebuah cerminan dimana buku itu menggambarkan seorang sosok yang luar biasa.

“Buku ini dikemas dan ditulis sesuai dengan kisah sepanjang perjalanan hidup beliau, siapa gerangan beliau secara pribadi dan bagaimana prinsip-prinsip kerja yang beliau lakukan selama hidup beliau, semoga ini menjadi acuan bagi generasi muda sekarang dan sebagai contoh untuk masa yang akan datang" ucap Rafdinal.***

Pewarta : Sutan Mudo