Tingkatkan Partisipasi Pemuka Agama dalam Pemilu 2024, Panwascam Adakan Rapat Koordinasi di ABTB Bukittinggi. -->

Advertisement

Tingkatkan Partisipasi Pemuka Agama dalam Pemilu 2024, Panwascam Adakan Rapat Koordinasi di ABTB Bukittinggi.

Mata Jurnalist
Senin, 18 Desember 2023

Bukittinggi Baritonagari.com_Panwaslu Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) Kota Bukittinggi pada hari Senin (18/12/2023) menggelar Rapat Koordinasi di Aula Kantor Camat ABTB. 

Kegiatan yang diadakan di Aula Kantor Camat Aur Birugo Tigo Baleh itu dihadiri Ketua panwaslu kecamatan ABTB, M.Akmal, Koordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Dian Pranata Wijaya.

Kemudian juga hadir Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Irna Yenti, Kepala KUA ABTB, Dasril, Koordinator sekretariat Panwascam ABTB, Salman Hafiz dan diikuti para pengurus Masjid yang berada di kecamatan ABTB Bukittinggi.

Ketua Panwascam ABTB, M.Akmal, menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam mencegah pelanggaran pada Pemilu 2024. Dia menyoroti peran pengurus masjid dan berbagai aspek lainnya untuk bersama-sama mencegah potensi pelanggaran yang mungkin dilakukan oleh calon legislatif.

M.Akmal juga menekankan upaya sosialisasi yang telah dilakukan oleh Panwascam kepada semua stakeholders terkait aturan pelaksanaan pemilu. Jika terdapat pelanggaran, masyarakat dihimbau untuk melaporkan ke Panwascam atau Bawaslu kota.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Irna Yenti, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pencegahan dan sosialisasi. Dia menyampaikan bahwa pelanggaran dapat berujung pada tindakan hukum, dengan ancaman hukuman pidana dan denda signifikan.

Kepala KUA ABTB, Dasril, mengomentari tentang netralitas yang semakin sulit ditemukan pada zaman ini. Meskipun demikian, dia menegaskan pentingnya menjaga keberlangsungan pemilu agar mencapai kualitas dan martabat yang diinginkan.***

Pewarta : sutan mudo