Herman Darnel Ibrahim (HDI) "Penyelesaian Masalah Komoditas Gambir, adalah bahagian dari Tugas saya nantinya bila terpilih menjadi anggota DPR RI" -->

Advertisement

Herman Darnel Ibrahim (HDI) "Penyelesaian Masalah Komoditas Gambir, adalah bahagian dari Tugas saya nantinya bila terpilih menjadi anggota DPR RI"

Barito Nagari
Selasa, 06 Februari 2024

DR. Ir. H. Herman Darnel Ibrahim M. SC., IPU. 
Anggota Dewan Energi Nasional (DEN)
Sumber Photo: ruang energi
 

Limapuluh Kota, BaritoNagari.Com- DR. Ir. H. Herman Darnel Ibrahim M. SC., IPU. (HDI), Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) sangat memperhatikan keadaan pasar komoditas Gambir yang tidak stabil. Hal itu sangat merugikan bagi petani di pelosok-pelosok nagari di Sumatera Barat, terkhusus di Limapuluh Kota. Demikian diungkapkannya ketika menjawab pertanyaan audiens pada acara deklarasi dukungan tokoh masyarakat Luak Limo Puluah untuk HDI maju menjadi anggota DPR RI wilayah pemilihan Sumatera Barat dua dari partai PKB bertempat di Tifa Resto dan Caffe Tanjung Pati pada Ahad (4/2/2024).

 

Tidak stabilnya harga Gambir, berakibat petani kurang bersemangat, sehingga banyak ladang-ladang yang terlantar karena petani Gambir telah sibuk pula berusaha mencari tambahan penghidupan dari sektor lain. Pembenahan pasar gambir ini tidak semudah yang kita bayangkan, secara nasional pemerintah juga harus membuat regulasi yang jelas di DPR. Andai kata nanti saya terpilih, maka ini adalah menjadi salah satu tugas saya untuk membuat regulasinya" kata HDI. 

 

Sebagai mana dilansir di Bisnis.com terbit Senin, 23 November 2020 di sebutkan "Asosiasi Komoditi Gambir Indonesia (AKGI) menyampaikan rasa kekecewaannya kepada Pemerintah Provinsi Sumatra Barat, hampir dua tahun lamanya harga gambir di Sumbar tidak mengalami kenaikan. Hal ini jelas telah terjadi monopoli oleh eksportir tunggal di Sumbar yakni India. Dimana secara jelas menunjukan telah terjadi insider trading yang dilakoni oleh India."

 

Akibatnya petani harus menjual harga gambirnya itu dengan harga yang ditetapkan eksportir India sesuka hatinya. Monopoli harga gambir itu bisa dikendalikan bila pemerintah serius dan fokus untuk melepaskan diri dari tindakan semena-mena India menetapkan harga gambirnya. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh pemerintah yakni perlu membentuk badan penyangga. Peran badan penyangga di sini bisa menampung produksi gambir dari petani yang dapat di simpan di dalam gudang. 

 

Gambir adalah salah satu komoditi unggulan di Sumbar. Luas perkebunan gambir di Sumbar mencapai 31.791 hektare dengan produksi 17.057 ton per tahunnya. Dari luas lahan itu ada sebanyak 32.135 keluarga yang menggantungkan hidup ke perkebunan gambir. Dia menjelaskan Sumbar adalah penyedia gambir 2/3 di Indonesia dan ekspor ke India sebesar 1.000 ton/bulan nya. Gambir adalah suatu komoditas yang dapat digunakan sebagai bahan baku industri seperti farmasi, kosmetik, batik/tekstil, cat, penyamak kulit, biopestisida hormon tumbuh, pigmen, minuman, dan campuran bahan pelengkap makanan.

 

Sedangkan ekon.go.id pada 25 Jun 2021 melaporkan "Indonesia merupakan pemasok 80% komoditas gambir di pasar dunia. Permintaan gambir dari India sebagai negara tujuan utama ekspor gambir juga terus meningkat hingga mencapai 13-14 ribu ton per tahun. Selain India, pasar ekspor gambir Indonesia meliputi negara Jepang, Pakistan, Filipina, Bangladesh, serta Malaysia.

 

Sumatera Barat mampu memasok 80 - 90% dari total produksi gambir nasional dan 90% produksi gambir di Sumbar berasal dari Kabupaten Lima Puluh Kota. Komoditas Gambir menjadi salah satu komoditas unggulan di Sumbar karena banyak petani yang menggantungkan hidupnya dari budidaya ini. Kuantitas dan nilai ekspor gambir Sumatera Barat cenderung meningkat sehingga Sumbar diposisikan sebagai barometer gambir nasional.

Komoditas gambir memiliki beragam manfaat dan diversifikasi olahan produk mulai dari bahan campuran industri makanan dan minuman, bahan baku industri kesehatan dan farmasi, bahan baku industri kosmetik anti aging dan antioksidan serta campuran kunyahan sirih.

 


TOKOH MASYARAKAT LUAK LIMOPULUH DEKLARASIKAN DUKUNG HERMAN DARNEL IBRAHIM MENUJU DPR RI

Berbagai elemen masyarakat luak Limopuluah dari Kota Payakumbuh dan kabupaten Limapuluh Kota yang terdiri dari Ulama dan Tokoh Masyarakat mendeklarasikan diri memberi dukungan kepada HDI (DR. IR. Herman Darnel Ibrahim M. SC untuk maju menjadi anggota DPR RI wilayah pemilihan Sumatera Barat dua dari partai PKB, bertempat di Tifa Resto dan Caffe Tanjung Pati pada Ahad (4/2/2024).

 

Hadir ketika itu para tokoh yang terdiri dari perwakilan Ulama, Pemangku Adat, Cendikiawan, Bundo Kanduang, Pemuda-pemudi dari berbagai elemen dari Luak Limo Puluah mendeklarasikan:

 

"Kami para tokoh yang terdiri dari Ulama, Pemangku Adat, Cendikiawan, Bundo Kanduang, Pemuda-pemudi, pada hari ini, Minggu, tanggal 4 Februari 2024 berkumpul di Tifa Resto dan Caffe Tanjung Pati. Dengan ini mendeklarasikan dan menghimbau kepada masyarakat Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh untuk memberikan suara dengan memilih DR. Ir. H. Herman Darnel Ibrahim, M. Sc. Caleg DPR RI dari partai No. 1 PKB, nomor urut 1, tokoh nasional yang berasal dari Limapuluh Kota. Mari semua kita yang wajib pilih, datang ke TPS, hari Rabu, tanggal 14 Februari 2024, coblos nomor urut 1 dari partai PKB, Pendukung calon presiden AMIN nomor urut 1."

 

Deklarasi dukungan kepada HDI (DR. IR. Herman Darnel Ibrahim M. SC) untuk maju menjadi anggota DPR RI di Resto Thifa Pulutan Kec. Harau pada Ahad (4/2/2024). 

Herman Darnel Ibrahim putra asli Luak Limopuluah ini menilai sudah saatnya Luak Limopuluah mempunyai wakil di DPR RI sudah hampir 5 kali pemilihan umum tidak memiliki anggota legislator yang benar-benar berasal dari daerah ini. Dengan adanya keterwakilan masyarakat Luak Limopuluah di lembaga pembuat undang-undang ini, ia akan berupaya melahirkan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat terutama yang berada di pelosok.

 

DR. Herman Darnel Ibrahim (HDI) pernah berpengalaman secara Nasional sebagai direktur PLN 2003-2008, anggota DPD-MPR RI 2014-2019, anggota Dewan Energi Nasional (DEN). Ia lahir pada 15 April 1954 (umur 69) di Talang Maua, kecamatan Mungka, Lima Puluh Kota, anak dari Ibrahim Datuak Muaro (ayah) dan Rasyidah (ibu). Ia adalah anak sulung dari tujuh orang bersaudara. Dia menikah dengan seorang wanita bernama Dewita pada tahun 1978 dan telah dikaruniai tiga orang anak.

 

Setelah tamat di SDN Talang Maur pada tahun 1966, Herman melanjutkan pendidikan ke SMP Negeri Dangung Dangung dan tamat pada tahun 1969, kemudian meyambung ke SMA Negeri 1 Payakumbuh, tamat tahun 1972. S1nya ia tempuh di Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB), tamat tahun 1978. Dan S2 (M.Sc.) dari UMIST, Manchester, Inggris, dalam bidang Power System Analyses, tamat tahun 1987. Kemudian S3 (Doktor) nya ia dapatkan dari ITB dalam bidang energi dan ketenagalistrikan tahun 2004.

 

Ia adalah seorang teknokrat dan politikus Indonesia dari Partai Kebangkitan Bangsa. Ahli di bidang energi dan kelistrikan Indonesia.

 

Herman merupakan salah seorang dari 18 anggota Dewan Energi Nasional yang bertugas merancang dan merumuskan kebijakan energi nasional untuk ditetapkan oleh pemerintah dengan persetujuan DPR RI. Kebijakan tersebut mencakup beberapa hal, yaitu menetapkan rencana umum energi nasional, menetapkan langkah-langkah penanggulangan kondisi krisis dan darurat energi serta mengawasi pelaksanaan kebijakan di bidang energi yang bersifat lintas sektoral. Sebelumnya, Herman pernah menjabat Direktur Transmisi dan Distribusi PT PLN dan Direktur PT Indonesia Power.

 

Pada tahun 2019, Herman dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, menjadi Pengganti Antarwaktu (PAW) Jeffrie Geovanie yang mengundurkan diri.



Profil DR. Ir. H. Herman Darnel Ibrahim M. SC., IPU.

Di Wikipedia Indonesia disebutkan Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc. (lahir 15 April 1954) adalah seorang teknokrat dan politikus Indonesia dari Partai Kebangkitan Bangsa. Ia adalah ahli bidang energi dan kelistrikan Indonesia. 
 
Herman merupakan salah seorang dari 18 anggota Dewan Energi Nasional yang bertugas merancang dan merumuskan kebijakan energi nasional untuk ditetapkan oleh pemerintah dengan persetujuan DPR RI. Kebijakan tersebut mencakup beberapa hal, yaitu menetapkan rencana umum energi nasional, menetapkan langkah-langkah penanggulangan kondisi krisis dan darurat energi serta mengawasi pelaksanaan kebijakan di bidang energi yang bersifat lintas sektoral. Sebelumnya, Herman pernah menjabat Direktur Transmisi dan Distribusi PT PLN dan Direktur PT Indonesia Power.
 
Pada tahun 2019, Herman dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, menjadi Pengganti Antarwaktu (PAW) Jeffrie Geovanie yang mengundurkan diri.
 
Herman dilahirkan pada 15 April 1954 (umur 69) di Talang Maua, kecamatan Mungka, Lima Puluh Kota, anak dari Ibrahim Datuak Muaro (ayah) dan Rasyidah (ibu). Ia adalah anak sulung dari tujuh orang bersaudara. Dia menikah dengan seorang wanita bernama Dewita pada tahun 1978 dan telah dikaruniai tiga orang anak, yaitu Putti Permatahati Darnel, Ranni Permatadewi Darnel dan Kennet Intansati Darnel serta beberapa orang cucu.
 
Pendidikannya:
• SD Negeri Talang Maur Payakumbuh (1966)
• SMP Negeri Dangung Dangung Payakumbuh (1969)
• SMA Negeri 1 Payakumbuh (1972)
• S1 dari Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) (1978)
• S2 (M.Sc.) dari UMIST, Manchester, Inggris, dalam bidang Power System Analyses (1987).
• S3 (Doktor) dari ITB dalam bidang energi dan ketenagalistrikan (2004)
 
Karier:
• Kepala Bagian Distribusi pada Sub Direktorat Jaringan, Direktorat Pembangunan PLN Pusat (1985)
• Kepala Bagian Perencanaan Umum PLN P2B Gandul (1986)
• Kepala PLN Unit Pengatur Beban Sumsel (1988-1990)
• Kepala PLN Cabang Tanjung Karang, Bandar Lampung (1990-1991)
• Deputy Pemimpin Bidang Pengusahaan PLN Wilayah IV (1991-1994)
• Deputy Pemimpin Bidang Perencanaan PLN Distribusi Jatim (1994-1996)
• Manager Divisi Perencanan Korporat PJB I (1996-1998)
• Direktur Utama PT Cogindo Daya Bersama (anak perusahaan PJB I) (1998-1999)
• Direktur Pengembangan dan Niaga PLN PJB I (1999-2000)
• Direktur Sistem dan Sumber Daya Manusia, PT Indonesian Power (2000-2003)
• Komisaris Utama PT Cogindo DayaBersama (2000-2004)
• Direktur (Senior Vice President) Sistem dan Sumberdaya Manusia PT. Indonesia Power (2000-2003)
• Direktur Transmisi dan Distribusi PT PLN Persero (2003-2008)
• Anggota Dewan Energi Nasional (2009, 2021)
• Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (2019)

Karya-karya Tulis, diantaranya:
• Boosting Clean Energy Development in Indonesia, Artikel dimuat dalam majalah RESPECTS edisi November 2012, Jakarta 2012.
• Load Shedding Techniques For Reability Evaluation of Composite Power Systems Disertasi M Sc. [S2], Manchester, Desember 1987.
• Operation of Java Power System, disajikan dalam training EHV di New Castle, Inggris, April 1983.
• Buku “Saudagar Minang 2007”, Kontributor tulisan: “Kiat Sukses: Belajar tak pernah berhenti, Beri sebelum diminta dan Selalu berikan yang terbaik”, Jakarta 2007.
• Buku Kalkulasi Lintas Sektor oleh Kusmayanto Kadiman, Menristek 2004-2009, Kontributor Tulisan, Jakarta 2008.
• Biografi Basril Djabar, Tokoh Sumatera Barat, Kontributor Tulisan: “Basril Djabar Tokoh Sumatera Barat yang Unik”, Padang 2009.
• Buku Indonesia Habis Gelap Terbilah Terang [Kisah Dahlan Iskan Memimpin PLN], Editor Ishadi SK, Kontributor Tulisan: “Gaya Orang Media Mengelola Perusahaan Listrik”. Jakarta, 2011.
• Dan lain sebagainya.

Organisasi:
• Vice Presiden International Geothermal Association 2013-2016
• Sekjen Yayasan Ki Bagus Hadikusumo (1997)
• Board Member Indonesian Gas Association (IGA) (1999-2002)
• Anggota Dewan Pakar Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) (1999-2003)
• Ketua Departemen Energi Konvensional KADIN Pusat (1999-2003)
• Wakil Ketua Umum Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) (2001-2003)
• Ketua Umum Asosiasi Panasbumi Indonesia (API) (2001-2003)
• Wakil Ketua Umum Masyarakat Energi Indonesia (MEI) (2002)
• Ketua Bidang Daerah Pengurus Pusat GABSI (2003-2006)
• Country Coordinator dan Member Working Committee Perhimpunan Perusahaan Listrik se ASEAN (HAPUA) (2004)
• Dewan Penasehat Asosiasi Panasbumi Indonesia (API) (2004)
• Anggota Dewan Penyantun Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (2004)
• Anggota Dewan Penyantun Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB (2004)
• Anggota Dewan Pakar Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) (2005)
• Dewan Penasehat Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) (2005)
• Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Eks SMA Payakumbuh dan Lima Puluh Kota (2005)
• Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat GABSI (2006)
• Ketua Umum Orginizing Committee penyelenggaraan World Geothermal Congress pada 2010 di Bali (2006)
• Ketua Advisory Board Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB (2007)


Pewarta: F. Malin Parmato

 


Keripik Pisang
rasa Original, Coklat, Tiramisu, Taro, dll
 
Klik salah satu kontak kami di bawah ini!