Tiga Hari Pencarian, Kakek di Sijunjung Belum Juga Ditemukan -->

Advertisement

Tiga Hari Pencarian, Kakek di Sijunjung Belum Juga Ditemukan

Barito Nagari
Minggu, 25 Februari 2024

sumber Photo: goparlement

Sinjung - BaritoNagari,- "
Ali Deput, seorang pria berusia 62 tahun asal Jorong Bukit Buar, Nagari Paru, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, masih belum ditemukan setelah dilaporkan hilang. Tim pencarian gabungan yang terdiri dari berbagai instansi masih berupaya mencari Ali yang terakhir terlihat pada Senin (19/2) sekitar pukul 06.30 WIB. Pencarian telah memasuki hari ketiga tanpa hasil yang memuaskan." demikian informasi dari humas polri sebagaimana dikutip BaritoNagari pada Ahad (25/2/2024).

Pencarian yang melibatkan tim gabungan dari Polsek Sijunjung, BPBD, perangkat Nagari, dan masyarakat telah diperluas dengan melibatkan lebih banyak personel dan area pencarian. Tim khusus dari Reskrim dan Intelkam Polsek Sijunjung juga sedang melakukan penyelidikan terkait kemungkinan adanya peristiwa pidana yang terkait dengan hilangnya Ali.

Ali Deput, yang dikenal menghabiskan hari-harinya mengurus kebun dan ladang di daerah Sungai Siriah, Jorong Bukik Buar, Nagari Paru, diketahui terakhir kali meninggalkan rumah pada Senin (19/2) pagi menuju ke ladangnya. Upaya pencarian yang melibatkan masyarakat sekitar dan personel kepolisian telah dilakukan sejak Kamis (22/2), namun hingga saat ini, belum ada jejak yang ditemukan.

Kapolsek Sijunjung, AKP Usman Nurwidi, menyatakan bahwa pencarian Ali Deput dilanjutkan pada hari ketiga dengan melibatkan kekuatan dari berbagai pihak, termasuk Polsek Sijunjung, Camat Sijunjung, BPBD Kabupaten Sijunjung, perangkat Nagari, tokoh masyarakat, dan warga sekitar. Meskipun demikian, pencarian belum membuahkan hasil dan tim terus berupaya.

Dalam upaya pencarian, setiap tim diberikan arahan untuk menyisir area berbeda berdasarkan informasi awal tentang keberadaan korban. Tim khusus dari unit Reskrim dan Intelkam Polsek Sijunjung juga sedang melakukan penyelidikan terkait kemungkinan adanya peristiwa pidana yang terkait dengan hilangnya Ali Deput.

Meskipun hingga saat ini belum ada petunjuk yang ditemukan, proses pencarian terus dilakukan dengan situasi yang aman dan terkendali. Informasi terkini mengenai pencarian Ali Deput akan terus diperbarui seiring berjalannya proses investigasi.

Informasi mengenai hilangnya Ali pertama kali diketahui oleh keluarganya yang curiga karena Ali tidak terlihat bersosialisasi selama beberapa hari. Menurut saksi yang curiga, Ali terakhir kali terlihat pada Senin (19/2/2024) sekitar pukul 06.30 WIB. Saat itu, Ali meminta karton bekas di warung warga bernama Mak Uni sebelum melanjutkan perjalanan kaki ke arah ladangnya.

Pada Hari Kamis (22/2/2024) sekitar pukul 12.00 WIB, saksi bernama Ican mulai mencari keberadaan Ali karena khawatir atas ketidakhadirannya selama beberapa hari. Meskipun dilakukan pencarian oleh saksi dan masyarakat setempat hingga malam hari, Ali tidak ditemukan.

Ali dikenal sebagai seseorang yang tinggal sendiri di Musala Suku Patopang, dekat Masjid Nurul Wahida, Nagari Paru. Kesehariannya dihabiskan dengan mengurus kebun/ladang di daerah Sungai Siriah, Jorong Bukik Buar, Nagari Paru, yang berjarak 2 KM dari tempat tinggalnya. Ia biasanya berangkat pagi dan pulang sore dengan berjalan kaki. Setiap sore menjelang tidur, Ali memiliki kebiasaan singgah di warung milik Buyung/Erna.

Pada pagi hari Jumat (23/2/2024), upaya pencarian dilanjutkan dengan melibatkan partisipasi masyarakat sebanyak 200 orang bersama personel dari Polsek Sijunjung. Namun, pencarian dihentikan pada pukul 18.00 WIB karena kondisi cuaca yang mulai gelap.

Hingga saat ini, Ali Deput belum ditemukan. Keluarga dan masyarakat terus bergerak bersama dalam upaya pencarian. Pihak berwenang juga telah dilibatkan dalam upaya pencarian Ali yang masih menjadi misteri.

Pewarta: F. Malin Parmato