Catatan Sukses Program KKN Tematik UNAND 2024 di Nagari Batu Taba Tepian Danau Singkarak -->

Advertisement

Catatan Sukses Program KKN Tematik UNAND 2024 di Nagari Batu Taba Tepian Danau Singkarak

Barito Nagari
Jumat, 09 Februari 2024

Program Kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dari Universitas Andalas (UNAND) tahun 2024 di nagari Batu Taba Tanah Datar

Tanah Datar - BaritoNagari,- Program KKN Tematik UNAND 2024 telah menjadi katalisator bagi perubahan yang signifikan di nagari Batu Taba kecamatan Batipuh Selatan kabupaten Tanah Datar. Apa saja program-programnya, berikut cuplikannya sebagaimana yang dirilis oleh Agnes Putri Bahari Mahasiswa Ilmu Biomedis Fakultas Kedokteran peserta Program KKN Tematik tersebut pada Kamis (8/2/2024).

Dibalik gemerlapnya kota-kota besar, terdapat desa-desa yang tengah berjuang untuk membangun dan maju. Salah satunya adalah Batu Taba, sebuah desa yang terletak di Sumatera Barat, yang kini sedang mengalami proses transformasi yang luar biasa.

Program Kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dari Universitas Andalas (UNAND) tahun 2024 telah menjadi katalisator bagi perubahan yang signifikan di desa ini. Dengan fokus pada pembangunan ekonomi lokal, peningkatan pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat, KKN UNAND 2024 telah menorehkan sejumlah prestasi gemilang yang layak disoroti. Inilah cuplikan program KKN Tematik UNAND 2024 dalam mendorong kemajuan di Batu Taba.

 

Solusi Mengatasi Krisis Air dalam Pertanian

Mahasiswa KKN di Batu Taba merencanakan penggunaan pompa air tenaga surya untuk mengatasi kekurangan air saat musim kemarau. Mereka telah meluncurkan program inovatif untuk mengatasi tantangan krisis saat kekurangan air selama musim kemarau. Dengan memanfaatkan air danau singkarak yang terdapat di nagari Batu Taba ini, perencanaan mesin pompa air yang ditenagai oleh energi surya diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan di Nagari Batu Taba.

Setelah survei dan analisis, mereka menyusun proposal pengabdian masyarakat sebagai panduan untuk pengadaan teknologi yang tepat. Program ini menekankan kemitraan antara perguruan tinggi, pemerintah desa, dan komunitas dalam meningkatkan ketahanan pangan.

 

Pendaftaran Google Maps UMKM di Batu Taba

Proyek Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah Batu Taba, Sumatera Barat, terus menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam upayanya untuk memajukan sektor ekonomi lokal. Salah satu langkah terbaru adalah pendaftaran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Batu Taba ke dalam platform Google Maps. Hal ini bertujuan untuk memperluas jangkauan pasar bagi pelaku UMKM setempat, meningkatkan visibilitas produk mereka, dan meningkatkan potensi penjualan.

Pendaftaran di Google Maps merupakan langkah yang strategis dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Batu Taba. Dengan eksposur yang lebih luas melalui platform digital, diharapkan UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih besar, meningkatkan penjualan, serta memperkuat daya saing mereka dalam era ekonomi digital.


 

Edukasi Dagusibu dan Stunting serta Cek Kesehatan Masyarakat (Medical Check Up)

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa Batu Taba, Kabupaten Tanah Datar, telah mengambil langkah berarti dalam mengedukasi ibu-ibu kader PKK tentang pentingnya penanganan stunting dan dagusibu. Dimana dagusibu sendiri merupakan singkatan dari Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang yang ditujukan agar masyarakat lebih paham mengenai obat.

Dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat, mahasiswa KKN telah meluncurkan serangkaian penyuluhan di posyandu setempat. Kemudian, juga diadakannya cek kesehatan masyarakat di berbagai jorong batu taba.

Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang stunting dan dagusibu, yang seringkali menjadi masalah kesehatan masyarakat yang terabaikan.

Stunting, yang merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak karena kekurangan gizi, dan dagusibu, keadaan darurat gizi buruk, memerlukan perhatian khusus untuk mencegah dampak jangka panjang yang merugikan.

Melalui kegiatan penyuluhan di posyandu setempat, para mahasiswa KKN telah memberikan informasi yang komprehensif kepada ibu-ibu tentang cara mengidentifikasi gejala stunting dan dagusibu, serta langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil. Materi disampaikan melalui presentasi, diskusi interaktif, dan sesi tanya jawab untuk memastikan pemahaman yang maksimal.

Kolaborasi dengan ibu-ibu kader PKK menjadi kunci kesuksesan program ini. Dengan memperkuat peran mereka sebagai agen perubahan di komunitas mereka, program ini berharap untuk menciptakan dampak yang berkelanjutan dalam upaya pencegahan stunting dan dagusibu.

Ibu-ibu kader PKK juga dilibatkan dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan, memastikan bahwa solusi yang diusulkan sesuai dengan kebutuhan lokal dan dapat diterapkan dengan mudah.

Pemerintah Nagari Batu Taba memberikan dukungan penuh terhadap program ini, menyediakan fasilitas posyandu dan memfasilitasi kerjasama antara mahasiswa KKN dan ibu-ibu kader PKK. Langkah ini menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan partisipatif dan kolaboratif.

Dengan meningkatnya pemahaman dan kesadaran tentang stunting dan dagusibu di kalangan ibu-ibu kader PKK, diharapkan bahwa langkah-langkah pencegahan yang diperkenalkan dalam program ini akan menghasilkan dampak jangka panjang yang signifikan dalam meningkatkan kesehatan anak-anak dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

 

Sosialisasi Universitas Andalas

Sebagai bagian dari program KKN, mahasiswa dari Universitas Andalas telah aktif melakukan sosialisasi di Batu Taba. Mahasiswa Universitas Andalas (Unand) menggelar sosialisasi program studi kepada pelajar SMA/sederajat di Batu Taba, salah satunya Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Batu Taba.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang berbagai program studi yang ditawarkan oleh universitas kepada para calon mahasiswa. Dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari berbagai fakultas dan program studi dalam kelompok KKN Tematik ini memberikan presentasi tentang kurikulum, fasilitas, peluang karier, dan kegiatan ekstrakurikuler atau sering disebut dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang tersedia.

Para pelajar juga diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada para narasumber mengenai hal-hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut tentang jurusan-jurusan yang diminati. Kegiatan sosialisasi ini mendapat sambutan positif dari para pelajar dan guru pembimbing di MAS Batu Taba. Mereka mengapresiasi Mahasiswa KKN Universitas Andalas dalam memberikan informasi yang komprehensif dan mendukung proses orientasi bagi calon mahasiswa.


 

Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi seperti ini, para pelajar dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih jurusan dan mengembangkan potensi mereka di perguruan tinggi. Selain itu, program kerja kuliah kerja nyata (KKN) yang diadakan oleh mahasiswa Unand ini juga memberikan sosialisasi tentang Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta praktik menjaga kebersihan gigi, terutama kepada siswa- siswa Sekolah TK di sekitar lingkungan kampus.

Para mahasiswa KKN tematik memperkenalkan konsep PHBS dan pentingnya sikat gigi secara interaktif kepada siswa-siswa TK. Mereka menggunakan metode yang menyenangkan dan kreatif seperti cerita dongeng, permainan edukatif, dan demonstrasi sikat gigi yang benar. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman yang mudah dipahami oleh anak-anak sekaligus meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya menjaga kebersihan diri sejak dini.

 

Motivasi dan Tips Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri

Selain fokus pada pembangunan ekonomi lokal, proyek KKN juga memberikan perhatian pada peningkatan pendidikan di Batu Taba. Mahasiswa yang terlibat dalam KKN memberikan motivasi dan tips kepada siswa SMA setempat tentang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri. Mereka berbagi pengalaman pribadi, memberikan informasi tentang jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri, serta memberikan bimbingan dalam persiapan ujian masuk perguruan tinggi.

Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Melalui sosialisasi ini, para narasumber mengungkapkan berbagai manfaat dan peluang yang dapat diperoleh dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, seperti peningkatan penghasilan, kesempatan karier yang lebih luas, dan pengembangan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam dunia kerja.

Selain itu, para peserta juga diberikan kesempatan untuk mendengar kisah inspiratif dari alumni perguruan tinggi yang telah meraih kesuksesan setelah menyelesaikan pendidikan tinggi mereka. Dengan demikian, melalui sosialisasi ini, diharapkan para pelajar dapat merasa termotivasi dan yakin untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi serta mengoptimalkan potensi dan kesempatan yang tersedia bagi masa depan yang lebih baik.

 

Pojok Literasi di Sekolah Dasar Batu Taba

Salah satu aspek penting dalam pembangunan daerah adalah meningkatkan tingkat literasi masyarakat,

terutama di kalangan anak-anak. Dalam upaya ini, mahasiswa KKN telah membuka "Pojok Literasi" di sekolah dasar Batu Taba. Pojok membaca menjadi pusat kegiatan dan sarana untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis para siswa.

Pojok Literasi ini merupakan sebuah ruang khusus di sekolah yang dilengkapi dengan berbagai buku bacaan, majalah, koran, dan permainan edukatif yang dapat memancing minat baca siswa. Di dalamnya juga terdapat sudut cerita dan kegiatan menulis yang dikemas secara menarik dan interaktif.

Dengan adanya Pojok Literasi di Sekolah Dasar Batu Taba, diharapkan minat baca dan literasi siswa dapat terus meningkat. Ini merupakan langkah konkret dalam mendukung pengembangan kemampuan membaca dan menulis siswa, serta membangun fondasi yang kuat untuk kesuksesan akademik mereka di masa depan.

Melalui berbagai inisiatif ini, proyek KKN di Batu Taba terus menunjukkan komitmen yang kuat dalam memajukan daerah tersebut secara holistik, dari sektor ekonomi hingga pendidikan dan budaya. Dengan penutupan program kerja KKN di Batu Taba, tergambar jelas upaya konkret dalam memberikan

kontribusi positif bagi masyarakat setempat. Melalui berbagai kegiatan sosial, edukatif, danpemberdayaan, para mahasiswa KKN telah berhasil membangun hubungan yang erat dengan komunitas, meningkatkan kualitas hidup, dan memberikan dampak yang berarti bagi lingkungan sekitar. Diharapkan, semangat kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat yang terjalin selama program ini dapat terus berlanjut, serta menjadi inspirasi bagi upaya-upaya berkelanjutan dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan bersama. Semoga keberhasilan dan kesuksesan program KKN ini dapat menjadi pijakan untuk langkah-langkah lebih lanjut dalam memajukan Batu Taba secara menyeluruh.

Penulis  : Agnes Putri Bahari
Editor    : F. Malin Parmato