WISATA SUMANIAK -->

Advertisement

WISATA SUMANIAK

Barito Nagari
Sabtu, 31 Oktober 2015

A. BUKIK SELO
Perselisihan yang terjadi antara Nagari Sumanik dengan Nagari Sungai Tarab tempo dulu, membuat petinggi – petinggi sumaniak waktu itu yang disebut Datuak yang Batujuah yang dipimpin oleh Datauk Sibujuah pergi Ke Pagaruyung sebagai pusat kerajaan Minangkabau untuk meminta saran atau petunjuk dalam penyelesaian perselisihan tersebut. Hasil dari kepergian tersebut datanglah Makhudumsyah ke Nagari sumanik sebagai utusan dari Pagaruyung untuk mendamaikan perselisihan tersebut. Kedatangan Makhudumsyah ke Sumanik itu melalui sungayang terus ke bukik selo. Tiba di bikik selo Makhudumsyah duduk bersila ( Baselo ) di puncak bikik yang tertinggi ( Puncak Satu ) sambil melihat perkampungan sumaniak, karena Makhudumsyah bersila ( baselo ) dibukik itu maka bukik tersebut diberi nama bukik selo.
Dipuncak satu dari bukik selo tersebut terdapat pemendanagan yang bagus bias melihat Nagari Sungaipatai ke belakang dan bisa melihat arah ke depan perkampungan sumaniak bahkan dapat juga melihat danau singkarak.

B. BATU BABILIAK
Diujung puncak satu dari bukik selo tyerdapat sebuah batu yang mempunyai ruangan ( Bilik – bilik ) konon kabarnya dibatu tersebut dulunya sebgai tempat pertahanan ketika perang, karena mempunyai bilik – bilik tersebut, maka dinamakan batu babilik.

C. BATU MANANGIH
Ada sebuah batu di bukik selo yang terus mengeluarkan air, sehingga disebutlah batu manangih, cerita dari orang tua dulu ada seorang anak yang durhaka kepada orang tuanya, sehingga dia di kutuk jadi batu.

D. KUBURAN KERAMAT BUKIK KOCIAK
Ada sebuah kuburan di bukik selo yang ukurannya cukup besar yang bernilai sejarah. Keramatnya dalah apabila akan terjadi musibah besar di sumaniak berupa gempa, banjir, kebakaran, musibah yang lain, maka kuburan bukik kociak ini menggelegar ( Manggogo bahasa Sumaniak ) dan biasanya bersahut – sahutan dengan tempat keramat lainnya seperti kuburan keramat polak batu dan kuburan keramat datuak sitapuang dengan rentetan kejadiannya sebagai berikut : Menggelegar di bikik kociak dan disambut gelegar oleh kuburan keramat polak batu lalu disambut lagi gelegarnya oleh kuburan datuak sitopuang.

E. BATU BATINGKOK
Ada juga di bukik selo sebuah batu yang bernilai sejarah yang dinamakan batu batingkok atau batu bertingkat – tingkat yang unik.

Dengan begitu banyaknya nilai – nilai sejarah di bukik selo maka akses jalan sudah menjadi prioritas utama untuk menjadikan bikik selo sebagai bukik kunjungan wisata di Tanah Datar.

Sumber:
http://iramayandi.blogspot.co.id/2009/08/wisata-sumanik.html