AKHIR DESEMBER INI DIPERKIRAKAN PUNCAK MUSIM DURIAN -->

Advertisement

AKHIR DESEMBER INI DIPERKIRAKAN PUNCAK MUSIM DURIAN

Barito Nagari
Sabtu, 12 Desember 2015

Sabtu, 1 Rabiul Awal 1437 H / 12 Desember 2015 M
Dilaporkan oleh: Fitra Yadi

Diperkirakan, akhir Desember 2015 ini terjadi puncak musim durian di Sumaniak. Hal itu disampaikan oleh pak Yan Guntur petani durian di Longgoa kepada media beberapa hari yang lalu. Pak Yan juga mengatakan bahwa umur buah durian ini sama persis dengan padi yaitu 4 bulan. Jadi akhir Desember ini diperkirakan buahnya sedang lebat.

Hal itu bersamaan dengan libur semester sekolah. Anak-anak sekarang sedang ujian semester dan beberapa hari lagi akan memasuki masa pakansi. Cocok, masa libur bisa dimanfaatkan di kampung sambil menunggu durian di Dangau Polak tan. Sambil menunggu durian jatuh, dimasak dulu Nasi Lomak (ketan). Bila durian jatuh langsung dimakan dengan ketan hangat. Tetapi jangan kebanyakan, bisa berakibat mabuk, panas dalam, sariawan, gangguan pencernaan dan bibir pecah-pecah.

Di musim sekarang ini, buah durian tidak begitu lebat, hal itu disebabkan karena pengaruh musim kemarau yang panjang ditambah lagi dengan bencana kabut asap. Dan pernah beberapa kali gempa ketika durian baru berbunga. Dan bila ada berbuah, belum tentu buahnya bagus. Tetapi walaupun demikian masih ada juga satu-dua batang durian yang berbuah lebat dan berasa lezat.

Pulanglah bulan akhir Desember nanti, satu Minggu dikampung dijamin puas makan durian. he he heh eh e