KARUPUAK LADO UNI GUS BUAH TANGAN DARI KAMPUNG -->

Advertisement

KARUPUAK LADO UNI GUS BUAH TANGAN DARI KAMPUNG

Barito Nagari
Selasa, 08 Desember 2015

Selasa, 27 Safar 1437 H / 8 Desember 2015 M
Dilaporkan oleh: Fitra Yadi

Karupuak Lado buatan Uni Gus sudah biasa jadi buah tangan sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke rantau oleh warga Sumaniak. Selain dikonsumsi masyarakat sendiri kerupuk Talas ini juga sudah sering terbang sebagai paket kiriman ke Jakarta, Bogor, Bandung, Kalimantan, Papua, Batam, Riau, Jambi bahkan menjadi buah tangan jema'ah yang berangkat ke Makkah. Demikian pengakuan Uni Gus kepada media pada sore Senin (07/12) yang lalu.

Pada umumnya warga Sumaniak sudah tahu produk Karupuak Lado ini yang sering dijadikan sebagai pelengkap hidangan di meja makan dan kadang hanya sebagai cemilan saja. Usaha ini sudah berjalan sejak tahun 2004 sampai sekarang. Dibantu sang suaminya Am (biasa dikenal orang Am Bukik) Usaha Keripik Talas Balado ini terus meningkat dan kebanjiran pesanan.

Komposisinya biasa saja, sama dengan Karupuak Lado lain pada umunya yaitu Ubi Kaladi, Lado, Garam dan Daun Saledri. Namun yang khas adalah campuran terasi dan irisan daun Tapak Leman sehingga aromanya menjadi begitu khas.

Sekarang ia sudah memiliki merek dan papan nama sendiri yaitu BERKAT YAKIN MAMA yang beralamat di Jl. Simpang Tali Aguang Jorong Guguak Panjang Sumaniak (dekat Surau Koriang). Kalau dulu, orang lebih mengenal tempat itu dengan sebutan dakek rumah tek Beda.

Ketika dikunjungi ke rumahnya, Uni Gus mengatakan bahwa sekarang orang-orang memang agak kesulitan menemukan alamatnya, papan nama sudah ia buka karena lapuk. Dalam waktu dekat ini akan diganti dengan papan nama berkerangka besi yang akan dipasang di tepi jalan raya. Sekarang kemasan produknya juga tambah menarik dengan menggunakan kemasan plastik lux dan ditempeli merek dagang. Bila ada yang berminat silahkan hubungi nomor Hp. 0853 7573 9357 atas nama Uni Gus.