KREATIF - RANDA MEMBUAT MINIATUR DENGAN 261215 KOIN RUPIAH -->

Advertisement

KREATIF - RANDA MEMBUAT MINIATUR DENGAN 261215 KOIN RUPIAH

Barito Nagari
Jumat, 04 Desember 2015

Jum'at, 23 Safar 1437 H / 4 Desember 2015 M
Dilaporkan oleh: Fitra Yadi

Diantara banyaknya bisnis yang perlu diperhitungkan adalah industri ekonomi kreatif yang sudah banyak tumbuh di Indonesia saat ini. Kebanyakan pelakunya adalah para pemuda yang berjiwa kreatif. Berawal dari hobi, pengisi waktu luang dan akhirnya banyak diminati masyarakat dan kebanjiran pesanan. Hal serupa dicontohkan oleh Randa Eka Putra seorang pemuda Sumaniak yang membuat miniatur rumah dari kayu, miniatur jam gadang dari koin rupiah yang digunakan untuk mahar pernikahan.

Ketika dihubungi media malam petang Jum'at (4/12) Randa mengatakan bahwa hal ini dimulai dari hobi, Ketika kuliah di STIKES Fort De Kock Bukittinggi dulu ia pernah mengerjakan pembuatan miniatur rumah dari kayu untuk seseorang. Beberapa minggu belakangan datang lagi permintaan kepadanya untuk membuat miniatur Jam Gadang dari tempelan koin rupiah yang akan digunakan untuk mahar (mas/kawin) pernikahan seseorang di Jakarta.

Uniknya jumlah koin yang tertempel di miniatur itu berjumlah sesuai dengan hari tanggal dan tahun si pemesan. Miniatur diatas akan digunakan di Jakarta pada tanggal 26-12-2015 mendatang. Jumlah koin yang ditempel di miniatur itu adalah berjumlah sebanyak 261215. Koin Rp. 1.000 sejumlah 261 ribu rupiah kemudian ditambah lagi koin 10 rupiah dan 5 rupiah lama.

Sekarang Randa membutuhkan kayu Pulai dan sedang mencari tempat membelinya untuk digunakan sebagai alat membuat kerajinan  tangan. 'Kalau saudara tahu dimana kayu Pulai itu dibeli mohon kasih tahu saya" harap Randa.

Ini tentu sebuah industri yang sangat potensial bagi perkembangan negeri ini. Kreatifitas memang hal yang penuh dengan segala keberdayaan. Kreatifitas mengandung kekuatan imajinasi yang tak terbatas. Kini Industri kreatif tidak bisa lagi disepelekan, karena sudah terbukti eksis dan menguntungkan. Lalu bagaimana bisa industri kreatif ini bisa cepat bertumbuh dan berkembang begitu pesat?

Dikutip dari maxmanroe.com ternyata ada beberapa hal yang melatarbelakangi industri kreatif ini berkembang pesat, yaitu; 1. Kreativitas Anak Muda, 2. Kemajuan Teknologi, 3. Mudahnya Akses Komunikasi, 4. Meningkatnya Pengguna Media Sosial, 5. Sisi Kehidupan Seseorang