Ecoutourism Bootcamp, Wadah Mahasiswa Untuk Mengembangkan Desa Wisata -->

Advertisement

Ecoutourism Bootcamp, Wadah Mahasiswa Untuk Mengembangkan Desa Wisata

Mata Jurnalist
Kamis, 14 Desember 2023

Padang, BaritoNagari.Com -  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM Universitas Andalas (Unand) melaksanakan kegiatan Ecoutourism Bootcamp di Desa Sungkai, Kelurahan Lambung Bukik, Kecamatan Pauh, Kota Padang pada hari  Sabtu (09/12/2023) hingga Minggu (10/12/2023). Demikian sebagaimana yang disampaikan oleh Khairunnisa Mahasiswi Unand melalui rilisnya pada Kamis, 14 Desember 2023.

Kegiatan Ecoutourism Bootcamp ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh tim PPK Ormawa BEM KM Unand yang berjumlah sebanyak 40 orang  bersama dengan dosen pembimbing Khandra Fahmy, STP., MP., Ph.D dengan dukungan penuh oleh LPPM Unand.

Ketua PPK Ormawa BEM KM Unand, Faiz, menyampaikan bahwa kegiatan ini telah berlangsung selama tujuh pekan dari awal Oktober sampai pertengahan Desember sesuai dengan rencana kegiatan yang sudah dipersiapkan.

Ia menyebut, "kegiatan Ecoutourism Bootcamp ini bertujuan untuk mengedukasi dan memberi pelatihan ataupun coaching khususnya kepada masyarakat dan mahasiswa bahwa desa wisata merupakan suatu hal yang harus dikembangkan."

"Lokasi yang menjadi tempat dilakukannya Ecoutourism Bootcamp ini merupakan lokasi yang sangat strategis dan sangat berpotensi untuk menjadi tempat wisata unggulan khususnya di Kelurahan Lambung Bukit ini." katanya.

"Ecoutourism Bootcamp ini tidak hanya menjadi wadah pelatihan ekowisata, tetapi juga Social Project. Social Project ini bertujuan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, sesuai dengan ajaran tri dharma perguruan tinggi.
Social project yang dilakukan pada kegiatan Ecoutourism Bootcamp ini dibagi menjadi 2 bidang, yaitu bidang pendidikan dan lingkungan. Pada bidang pendidikan, BEM KM Unand melakukan kolaborasi dengan HIMASEKTA untuk melakukan social project, mereka akan terjun langsung ke masyarakat khususnya adik-adik yang masih duduk di bangku SD dan SMP untuk melakukan pengajaran." tambahnya.

"Dan di bidang pendidikan, para mahasiswa diajarkan bagaimana menanam Tanaman Kaliandra. Tanaman Kaliandra merupakan pohon yang sangat banyak memiliki manfaat. Tidak hanya dibekali cara untuk menanam Kaliandra, tetapi juga diajarkan manfaat dan cara melestarikan alam." paparnya.

Harapannya "dengan diadakan Ecoutorism Bootcamp ini mahasiswa lebih sadar dengan kelestarian alam dan bisa memanfaatkan alam tersebut untuk dikelola menjadi tempat masyarakat dan mahasiswa meningkatkan kreativitasnya  sehingga berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat setempat." terang Faiz ketua PPK Ormawa BEM KM Unand panjang lebar. 

Kontributor: Khairunnisa 
Editor: F. Malin Parmato