IGRA Limapuluh Kota Gelar berbagai Perlombaan dalam rangka HAB Kemenag ke-78 -->

Advertisement

IGRA Limapuluh Kota Gelar berbagai Perlombaan dalam rangka HAB Kemenag ke-78

Mata Jurnalist
Kamis, 14 Desember 2023

 

IGRA Limapuluh Kota dalam acara Perlombaan melulis teknik Gravito di ruangan Aula Kemenag Limapuluh Kota pada Kamis (14/12/2023)

Sarilamak, BaritoNagari.Com - Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kab.Limapuluh Kota gelar berbagai macam lomba dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-78 pada Kamis (14/12/2023) di kantor Kemenag Kab. Limapuluh Kota di Tanjuang Pati nagari Koto Tuo Kecamatan Harau.

Raudhatul Athfal ini adalah madrasah setingkat Taman Kanak-kanak dibawah naungan Kasi Pendidikan Madrasah kantor Kementerian Agama.

Bunda Irdayulis, S.Pd Ketua IGRA Kab. Limapuluh Kota

Ketua IGRA Kab. Limapuluh Kota bunda Irdayulis, S.Pd kepada awak media ini mengatakan "hari ini kita mengadakan tiga perlombaan sekali jalan, dimulai dengan lomba melukis teknik Gravito yang diikuti oleh 470 orang murid dari 20 RA se kabupaten Limapuluh Kota bertempat di dalam ruangan Aula Kemenag, kemudian perlombaan tahfizdh Surah Al-Fatihah beserta Sari Tilawahnya yang diikuti oleh 20 pasang peserta, dan terakhir Perlombaan Fashion Show Baju Kuruang Basiba berpasangan Bunda dan Anak sebanyak 20 pasang pula. Acara ini sepenuhnya adalah atas kerjasama guru-guru dan iuran Orang tua murid." terangnya.

Bunda Irdayulis juga berpantun; Bersinar pedang kena cahaya, cahayanya terang menyilaukan mata. Kalah dan menang dalam lomba itu biasa, yang penting semangat dan silaturrahmi tetap terjaga" katanya memberi semangat kepada peserta.

Dari informasi yang dikumpulkan media ini Kasi Pendidikan Madrasah Rizki Eka Putra tidak sempat hadir pada acara itu, karena ada tugas mendampingi tamu dari Dirjen Kemenag Pusat. Sedangkan kepala Kemenag Limapuluh Kota H. Irwan bersama pejabat kantor lainnya sedang berada di bumi Sarantau Sasurambi Solok Selatan Padang Aro sebagai pelaksana kegiatan MTQ Nasional XL tingkat Provinsi Sumatera Barat yang telah dibuka pada Selasa malam (12/12/2023).

Mewakili kepala kantor Kemenag Kab. Limapuluh Kota Memen Efendi, S.PdI., M.Pd menyampaikan "ucapan terimakasih kepada IGRA yang telah mendukung kegiatan HAB Kemenag ini. RA adalah bahagian dari Kemenag, kalau ada masalah silahkan mengadu kepada Kemenag, tidak ada perbedaan dengan y madrasalah lainnya, kita sama semuanya." katanya.

"Melalui momen ini kita tingkatkan RA kita harus mempunyai proses pembelajaran yang berkualitas, dengan bekerjasama semuanya, baik guru, orang tua, dan Pemerintah. Kemitraan dengan orang tua harus kita pertahankan, kegiatan ini terlaksana dengan baik adalah atas kerjasama dengan Orang Tua murid, Alhamdulillah."

"Kemudian kita tingkatkan proses belajar anak, penuhi kebutuhan esensial anak seperti ketersediaan Fasilitas Sanitasi, Menyelenggarakan kelas untuk orang tua, pemantauan pertumbuhan anak, pemantauan perkembangan anak, pemberian PMT dan pemberian Makanan dengan Gizi Sehat, perapan perilaku hidup bersih dan sehat, jauh dari stunting. Anak-anak ini adalah generasi emas, ibu-ibu guru adalah ujung tombaknya. Ajari anak kita berakhlaq yang mulia, menjauhi bulliying, berkata kotor, dsb." harapnya.

Pewarta:F. Malin Parmato