Nagari Sarilamak Serahkan Sumbangan tahap 1 Untuk Palestina ke Baznas Limapuluh Kota -->

Advertisement

Nagari Sarilamak Serahkan Sumbangan tahap 1 Untuk Palestina ke Baznas Limapuluh Kota

Mata Jurnalist
Sabtu, 16 Desember 2023

Penyerahan bantuan Masyarakat Sarilamak untuk Palestina melalui Baznas pada Jum'at (15/12/2023) di kantor wali nagari Sarilamak


Sarilamak, BaritoNagari.Com - Dubalang Parik Paga Nagari (DPPN) Sarilamak serahkan bantuan sejumlah Rp. 11.997.100,- untuk Palestina melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) nagari Sarilamak kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Limapuluh Kota pada sore Jum'at (15/12/2023) bertempat di kantor Wali Nagari Sarilamak.

Dari pengamatan awak media di lapangan, bantuan ini adalah bersumber dari hasil penggalangan dana di jalan raya dan sumbangan toko-toko di sekitar pasar Sarilamak. Penggalangan dana di jalan raya dilakukan setiap hari Jum'at bertempat di depan Kedai Halim Bukik Pauh, Labuah Baruah, Sarilamak yang dimulai pada tanggal 17 November 2023 sampai tanggal 8 Desember 2023.

Mewakili Pemerintah nagari Sarilamak hadir ketika itu Kasi Pelayanan kantor Wali Nagari Sarilamak Adri Setiadi, kepala jorong Sarilamak Tenku Amir Faisal dan Noval. Mewakili Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sarilamak hadir ketika itu Ade Rahma Putra Dt. Marajo, ketua KAN Sarilamak Syaiful Dt. Ajo Bosa Nan Kuning, Ketua Majelis Ulama Nagari (MUNA) Sarilamak, Noviardi, S.Psi.I. Mewakili Dubalang Parik Paga Nagari (DPPN) Sarilamak hadir Afril Dona Erizal dan Fitra Yadi. Dari Unit Pengelola Zakat (UPZ) nagari Sarilamak hadir Fajri Ramadhan, SP. M.Si dan Altoyo, S.Pi. Dan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Limapuluh Kota hadir wakil ketua 4 Suhendri dan Yose Rizal.

Dalam sambutannya mewakili pemerintahan nagari Sarilamak Adri Setiadi menyampaikan "ucapan syukur atas upaya penggalangan dana bantuan untuk Palestina yang diprakarsai oleh Dubalang Parik Paga Nagari (DPPN) Sarilamak yang dibantu oleh Karang Taruna, relawan dan unsur lainnya selama beberapa kali Jum'at ini. Kegiatan ini diketahui dan didukung penuh oleh Pemerintahan beserta lembaga-lembaga nagari Sarilamak dan sampai sekarang sudah terkumpul sebanyak sebelas juta lebih. Semoga sumbangan yang sudah kita kumpulkan ini disampaikan kepada saudara-saudara kita di Palestina." katanya.

Penanggung Jawab DPPN Sarilamak Tengku Amir Faisal menyampaikan "ucapan terimakasih kepada DPPN, Pemuda, relawan yang telah berinisiatif menggalang dana, semoga Amal ibadah kita ini diterima Allah Swt."

Ketua Muna Sarilamak Noviardi, S.PSI menyampaikan ke haruannya dalam penggalangan dana ini. "Karena di media sosial anak-anak kita melihat penderitaan anak-anak di Palestina, kemaren banyak juga anak-anak kita yang ikut serta dalam penggalangan sumbangan ini, mereka nampak bersemangat sekali. Ramai kemaren, anak-anak saya juga ikut, anak-anak bung Malin, buya Fatah, bang Izal dan teman-temannya juga ikut. Mereka berbaris di tepi jalan raya bersama ibu-ibu dan juga remaja lainya." ungkapnya.

Mewakili pimpinan Baznas Limapuluh Kota Suhendri menyampaikan " Disini kami hadir bersama pak Yose mewakili Baznas Limapuluh Kota. Pimpinan Baznas sekarang sedang berada di Solok Selatan dalam kegiatan MTQ Nasional tingkat Sumatera Barat, mohon ma'af beliau tidak bisa hadir bersama kita." ungkapnya.

"Sekaitan dengan sumbangan ini, kalau Baznas punya tagline "membasuh luka untuk Palestina", kita satu pintu semuanya secara nasional dari daerah sampai ke pusat." katanya.

"Beberapa hari lalu kita sudah  menyerahkan bantuan dana tahap 1 untuk Palestina dari Baznas Limapuluh Kota sebanyak Rp. 356.372.000. yang diterima oleh bapak Bupati Limapuluh Kota untuk selanjutnya dikirimkan langsung ke rekening Baznas RI untuk di distribusikan ke Palestina. Alhamdulillah sekarang di Baznas Limapuluh Kota sudah terkumpul pula donasi Palestina untuk tahap 2 per tanggal 15/12/2023 ini sebanyak Rp 38.796.000 ditambah dengan donasi dari nagari Sarilamak ini" terangnya. 

Apresiasi kepada pemerintahan nagari Sarilamak, UPZ, DPPN, MUNA yang telah berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk saudara kita di Palestina ini, semoga bantuan ini sampai kepada sasaran yang dimaksud, semoga dibalasi oleh Allah SWT. Amin.

"Walaupun hanya sedikit yang disumbangkan, mungkin masyarakat kita hanya memberi dua ribu, lima ribu, tetapi bagi saudara kita di Palestina itu sangat berarti sekali. Mungkin banyak tantangan yang dirasakan oleh relawan dalam penggalan dana, hanya Allah yang bisa membalasnya. Masyarakat kito sudah susah, akan kita minta pula mereka mengantarkan sumbangan ini kepada kita, maka dari itu makanya kita yang harus menjemput bola, mereka ingin menyumbang, kita yang menyalurkannya. Inilah simpanan yang kekal abadi bagi kita nantinya di akherat, kalau rekening di bank bisa habis, celengan di rumah bisa habis, tetapi ini tidak. Mungkin inilah yang melapangkan kesulitan kita nantinya di akhirat. Barang siapa yang melapangkan kesulitan saudaranya, Allah akan melapangkan kesulitannya di akhirat." paparnya.

Sebagaimana hadist Rasulullah yang artinya: "Barangsiapa yang membantu menghilangkan satu kesedihan (kesusahan) dari sebagian banyak kesusahan orang mukmin ketika didunia maka Allah akan menghilangkan satu kesusahan (kesedihan) dari sekian banyak kesusahan dirinya pada hari kiamat kelak. Dan barangsiapa yang memberikan kemudahan (membantu) kepada orang yang kesusahan, niscaya Allah akan membantu memudahkan urusannya didunia dan di akhirat. Dan barangsiapa yang menutup aib orang muslim , niscaya Allah akan menutup aibnya dunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah akan selalu menolong seorang hamba selama dia gemar menolong saudaranya" (HR. Muslim)."

"Allah akan akan memberi kepada orang yang suka memberi." tukuknya.

Dikutip dari informasi UPZ Sarilamak, masyarakat bisa mengontak Baznas Liko ke nomor ini 082288024030 untuk menyalurkan bantuan.

List Sumbangan Tahap 2 untuk Palestina melalui Baznas Limapuluh Kota: 

1. SMPN 2 Kec. Lareh Sago Halaban: Rp 1.550.000

2. Upz koto lamo Rp 250.000

3. DAMKAR Rp 1.250.000

4. Upz sariak laweh Rp 200.000

5. Upz sitanang Rp 1.955.500

6. Upz andiang Rp 591.000

7. Nagari gunuang malintang Rp 17.766.500

8. Upz nagari koto lamo Rp 820.000

9. Masjid abrar sikabu kabu Rp 200.000

10. Upz pauh sangik Rp 700.000

11. Upz nagari koto lamo Rp 240.000

12. jamaah masjid mukhlisin sungai naniang Rp 200.000

13. Upz piobang Rp 500.000

14. Upz sariak laweh Rp 2.166.000

15. Politani payakumbuh Rp 2.300.000

16. Nagari koto alam Rp 442.000

17. Upz suliki Rp 330.500

18.UPZ tanjung Pauh pangkalan Rp.680.000

19. Nagari gurun Rp 1.000.000

20. Upz bukik sikumpa Rp 283.000

21. Upz mungka Rp 1.181.500

22. Upz sungai kamuyang Rp 1.140.000

23. Dinkes Rp 3.050.000

24. UPZ (DPPN) Sarilamak Rp. 11.997.100

Ketua KAN Sarilamak Syaiful Dt. Ajo Bosa Nan Kuning di akhir sesi memberi pandangan "Alhadulillah kawan-kawan dari DPPN sarilamak terpanggil untuk mengumpulkan dana dari masyarakat untuk kita sumbangkan kepada Palestina. Yang menjadi perioritas kita sekarang bukanlah jumlah nominal uangnya namun kepedulian kita terhadap penderitaan saudara-saudara kita di Palestina. Mudah-mudahan DPPN ini bisa mengambil momen-momen yang lain membantu untuk kepentingan masyarakat berbangsa dan bernegara khususnya untuk kepentingan mayarakat kita Sarilamak ini. Kalau memang dalam hal ini pemerintah menunjuk Baznas yang secara legal untuk menyalurkan bantuan kepada Palestina, semoga sedikit bantuan dari kita itu bisa bermanfaat untuk saudara-saudara kita di Palestina." harapnya.

Pewarta: F. Malin Parmato