Ribuan Warga Shalat Idul Fitri di Taman Mahkota Berlian Sarilamak

Barito Nagari
By -
0

Jama'ah shalat 'Idul Fitri 1445 H di taman Mahkota Berlian Sarilamak pada Rabu, 10 April 2024

Limapuluh Kota, BaritoNagari.Com -
Ribuan warga memadati Taman Mahkota Berlian komplek perkantoran Pemda Limapuluh Kota di kawasan Bukik Limau, Sarilamak kecamatan Harau, kabupaten Limapuluh Kota dalam rangka melaksanakan Shalat Idul Fitri 1445 H, pada Rabu (10/04/2024).

Ketika itu nampak hadir Bupati Limapuluh Kota H. Safaruddin, S.H. Dt. Bandaro Rajo, Sekdakab Limapuluh Kota Herman Azmar, KetuaTP PKK, Nevy Safaruddin, Asisten, Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota H. Irwan, M. Ag, Forkopinda dan sejumlah Kepala OPD Pemkab Lima Puluh Kota. Camat, forkopinca, wali-wali nagari. Adapun yang bertindak sebagai Imam shalat 'Ied adalah ustadz Yusuf abu Ja’far dan Khatib Ustadz Ahmad Zaky, LC.


Dalam sambutannya sesaat sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri, Bupati Limapuluh Kota H. Safaruddin, S.H. Dt. Bandaro Rajo menyampaikan "Selamat datang para tamu Allah atas kehadiran kita semua untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di Taman Mahkota Berlian ini. Tempat ini kami beri nama Taman Mahkota Berlian, yang artinya Taman Limapuluh Kota Bersih Lingkungan. Mari kita manfaatkan dan jaga bersama-sama keindahan lingkungannya" ajak bupati Limapuluh Kota H. Safaruddin.


"Kita bersyukur akhirnya fasilitas publik sebagai penunjang Ibu Kota Kabupaten (IKK) Sarilamak ini bisa dimanfaatkan secara bersama-sama. Ini untuk pertama kalinya disini  kita menggunakan taman ini untuk melaksanakan shalat Idul Fitri." ungkapnya.


"Peningkatan kawasan IKK memang masuk kedalam Visi misi daerah dan saat ini tengah dilakukan pembangunan fasilitas pemerintahan dan kesehatan di kawasan IKK. Insyaallah tahun ini sudah mulai dikerjakan tahapannya, nanti akan ada rumah sakit baru di kawasan IKK ini. Harapan kami, Sarilamak akan menjadi pusat pemerintahan, perdagangan dan ekonomi dapat terwujudkan,” katanya.




Pada kesempatan itu, Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo juga menyampaikan beberapa visi-misi daerah. 


"Ini adalah tahun ketiga kami melaksanakan tugas sebagai bupati Limapuluh Kota dengan Visi Pembangunan Daerah yakni Mewujudkan Lima Puluh Kota Yang Madani, Beradat dan Berbudaya dalam Kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, dijabarkan dengan lima Misi Pembangunan Daerah yaitu Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Berbudaya Dan Berdaya Saing Berlandaskan Keimanan."


"Kemudian Mendorong Pertumbuhan Dan Perkembangan Ekonomi Lintas Sektoral Yang Memiliki Keunggulan Ditingkat Lokal Dan Regional.Mendorong Potensi Nagari Sebagai Poros Pembangunan Daerah."


"Selanjutnya meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Reformasi Birokrasi Seutuhnya dan Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Secara Terpadu Yang Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Dan Kualitas Kehidupan Masyarakat Yang Lebih Baik.


Sekarang kita fokus kepada pembangunan SDM, maka dalam rangka membagun SDM ini kita telah melahirkan satu nagari satu rumah Tahfizd. Di 79 nagari yang ada di kabupaten Limapuluh Kota semuanya akan ada rumah tahfiz."


"Selain itu, diwajibkan muatan lokal di seluruh SD untuk belajar al-Quran, Adat dan Budaya Minangkabau. Kalau nanti tidak kita ajarkan maka nanti anak-anak kita akan hilang babako, bamamak, basumando, bakampuang, basuku. "


Alhamdulillah pada tanggal 17 Desember 2023 kita juara umum MTQ di Solok Selatan, sudah 80 tahun Limapuluh Kota belum dapat juara, namun sekarang kita dapat juara satu, alhamdulillah. Terimakasih atas bimbingan bapak Ka Kan Kemenag H. Irwan beserta perangkat-perangkat yang ada. 


"Biduak lalu, Kiambang batawik. Kita sudah selesai melaksanakan Pemilu. Mari kita hormati hasil pemilihan umum ini. Jangan lagi ada diantara kita berpihak-pihak, berpecah-belah".


“Mari kita jadikan Hari Raya Idul Fitri sebagai momentum untuk saling memaafkan, Silaturahmi, berinteraksi di tengah masyarakat, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Mohon Maaf Lahir Batin,” tutupnya.


Pewarta: F. Malin Parmato

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)